Saturday, November 24, 2018

BAB 2 IPA KELAS 5 - TUMBUHAN HIJAU

TUMBUHAN HIJAU

                  Tumbuhan adalah makhluk hidup yang dapat mengolah makanan sendiri. Oleh karena itu tumbuhan hijau disebut produsen. Tumbuhan hijau membuat makanannya di daun. Zat yang membuat tumbuhan hijau mampu mengolah makanan sendiri disebut zat hijau daun atau klorofil. Makanan dari daun akan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh tumbuhan. Sebagian disimpan sebagai cadangan makanan. 

A. PROSES TUMBUHAN HIJAU MENGOLAH MAKANAN
1. Fotosintesis 
               Proses pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan-bahan untuk membuat makanan adalah air (H2O) dan karbondioksida (CO2). Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar, khususnya rambut akar. Sedangkan karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel). Setelah semua bahan dikirim ke daun, fofosintesis siap dilakukan. Pembuatan makanan terjadi di daun yang banyak mengandung klorofil. Klorofil akan mengikat sinar matahari. Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah air dan karbondioksida. Pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat sebagai hasil dari proses fotosintesis akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Bagi tumbuhan karbohidrat ini berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, berkembang biak, dan sebagainya. Namun tidak semua karbohidrat tersebut akan digunakan. Sebagian akan disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Hasil fotosintesis selain karbohidrat adalah oksigen. Gas ini sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia. Oksigen dimanfaatkan untuk bernapas. Gas oksigen akan dilepaskan tumbuhan ke udara dan akan dimanfaatkan makhluk hidup yang lain.
2. Hasil Fotosintesis 
                 Disimpan sebagai Cadangan Makanan Sebagian hasil fotosintesis tumbuhan hijau akan disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan akan digunakan oleh tumbuhan. Penggunaannya pada saat bahan-bahan di tanah mulai menipis. Misalnya, saat musim kemarau. Tempat tumbuhan menyimpan makanan, misalnya pada umbi, buah, biji dan batang. Berikut contoh tumbuhan yang memiliki cadangan makanan di tubuhnya. 
a. Pada umbi, misalnya kentang, singkong, ketela, talas, bawang merah, dan bawang putih.
b. Pada buah, misalnya mangga, apel, jeruk, pepaya, dan pisang.
c. Pada biji, misalnya kacang tanah, kacang kedelai, jagung dan kacang hijau.
d. Pada batang, misalnya sagu dan tebu.

B. MANUSIA DAN HEWAN BERGANTUNG PADA TUMBUHAN HIJAU
1. Tumbuhan sebagai Sumber Makanan 
                    Hampir seluruh bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia dan hewan. Baik daun, bunga, buah, batang, umbi, tunas, maupun bijinya.
Berikut adalah makanan yang diperoleh manusia dari tumbuhan. 
a. Daun : daun pepaya, kubis, selada, bayam
b. Bunga : bunga turi, bunga kol, bunga pisang c. Buah : mangga, jambu, sawo, anggur, nanas d. Umbi : kentang, wortel, singkong, lobak 
e. Tunas : taoge, rebung f. Biji : kacang hijau, jagung, beras
Hewan juga mendapatkan sumber energi dari tumbuhan hijau.
Pada gambar di atas menunjukkan hewan-hewan herbivor. Hewan ini sangat tergantung pada tumbuhan secara langsung. Bila tidak ada tumbuhan hewan tersebut akan mati. Kematian hewan ini juga mengakibatkan hewan karnivor juga mati. Karena saling ketergantungan satu sama lain. Ini juga berlaku pada hewan omnivor.
2. Tumbuhan sebagai Obat Tradisional Di Indonesia banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Misalnya pil kina sebagai obat penyakit malaria. Ada juga umbiumbian yang dimanfaatkan sebagai jamu. Contohnya: kunyit, kencur, jahe, temulawak, dan sebagainya.

3. Tumbuhan sebagai bumbu masakan Keanekaragaman tumbuhan di negara kita menghasilkan rempahrempah. Biji, buah maupun umbi tanaman ini bermanfaat sebagai penyedap atau bumbu masakan. Tanaman tebu menghasilkan gula, yaitu pemanis alami. Hasil rempah-rempah, misalnya bawang merah, bawang putih, lada, cengkeh, pala dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Email lengkap

E-MAIL A. Cara Membuat E-mail  1. Buka/klik link berikut ini →  Daftar Gmail 2. Masukkan data lengkap Nama Depan dan belakan...